Pihak Kepolisian Resor Bangka, Provinsi Kepualuan Bangka Belitung melalui Polsek Riau Silip memaksimalkan pembinaan masyarakat setempat dengan peran kerja Bhabinkamtibmas.

"Kami secara bertahap terus melakukan pembinaan seluruh masyarakat di sembilan desa melalui peran kerja maksimal personel Bhabinkamtibas,"  kata Kapolres Bangka, AKBP M. Budi Ariyanto melalui Kapolsek Riau Silip, IPTU Irwan di Sungailiat, Jumat.

Menurutnya, pembinaan ini menjadi bagian penting tugas Polri dalam hal ini Bhabinkamtibmas dalam rangka menciptakan sinergitas antara masyarakat dan Polri sehingga terwujud pembangunan yang merata aman dan tertib.

Personel Bhabinkamtibmas yang ditugaskan dimasing-masing desa kata dia, mempunyai tugas berat yang berada diposisi terdepan dalam upaya menciptakan keamanan lingkungan dengan melibatkan warga masyarakat setempat.

Sesuai dengan ketentuannya, Bhabinkamtibmas mempunyai tugas melakukan pembinaan terhadap warga masyarakat yang menjadi tanggungjawabnya untuk dapat meningkatkan partisipasi kesadaran dan ketaatan hukum serta perundang-undangan yang berlaku.

Melakukan kerjasama dan kemitraan dengan potensi masyarakat dan kelompok atau forum kamtibmas guna mendorong peran sertanya dalam binkamtimbas dan dapat mencari solusi dalam penanganan permasalahan atau potensi gangguan maupun ambang gangguan agar tidak menjadi gangguan nyata kamtimbas.

"Memberikan petunjuk dan melatih masyarakat dalam rangka pengamanan lingkungan," jelasnya.

Menurutnya, optimalisasi kerja personel Bhabinkamtibmas tidak dibatasi dengan waktu karena disesuaikan dengan aktivitas kelompok masyarakat di desa.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019