Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Satpol PP Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Saiman menyatakan telah menerima sebanyak tujuh laporan kasus hingga pertengahan Maret 2019.

"Laporan kasus tersebut terdiri dari empat kasus kebakaran dan tiga kasus penyelamatan," katanya di Tanjung Pandan, Jumat.

Memasuki musim kemarau, kata dia, masyarakat diimbau untuk lebih waspada terhadap potensi kebakaran terutama munculnya titik-titik api pada lahan kering di daerah itu.

"Yang wilayahnya dekat dengan lahan kosong tolong jangan sembarangan membakar sampah dan bisa dibersihkan dulu khawatir muncul titik api kemudian merambat," katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah memetakan titik-titik lokasi yang berpotensi terjadinya kebakaran baik lahan kering maupun kawasan permukiman padat penduduk.

"Karena kawasan padat penduduk akses masuknya susah kemudian sumber air juga terbatas takutnya perambatan akan lebih cepat," ujarnya.

Ia menyebutkan, pihaknya senantiasa siaga bila sewaktu-waktu menerima laporan terjadinya peristiwa kebakaran di daerah itu.

"Ada empat armada yang kami siapkan, tiga mobil pompa dan satu mobil penyuplai air. Berdasarkan wilayah manajemen kebakaran dalam radius 7,5 kilometer sebelum 15 menit kami harus tiba di lokasi," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019