Bidang Statistik Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal mencetak empat buku merupakan salah satu program utama yang harus dilaksanakan tahun 2019 ini.

"Kami akan mencetak empat buku yakni Buku Bangka dalam Angka, PDRB Kabupaten, PDRB Ketenagakerjaan dan Pengawasan Inflasi," kata Kepala Bidang Statistik Diskominfotik Kabupaten Bangka, Mas Agus Zulfan di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka dalam berbagai hal supaya tidak terjadi bentrokan kegiatan yang sama.

Menurut dia, bidang statistik ini baru dibentuk tahun 2017 lalu tergabung di Diskominfotik Kabupaten Bangka, yang mana sebelumnya statistik berada di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka.

Pencetakan buku ini wajib dilaksanakan oleh Bidang Statistik, selanjutnya buku-buku ini dibagikan ke semua organisasi perangkat daerah (OPD), guna mengetahui segala hal yang terjadi di lapangan terkait di intansi masing-masing.

"Statistik ini merupakan wali data bagi ke semua OPD yang ada di Kabupaten Bangka, kelemahan kami belum bisa membuat form pendataan ini, kami masih minta bantuan ke BPS selaku badan yang memang berkompeten menanggani hal ini," katanya.

Ia mengatakan, bidang statistik juga nantinya akan membentuk peraturan daerah, sehingga nantinya ada beberapa hal yang dilepas BPS ke pemerintah daerah terkait hal-hal pendataan di OPD.

Bidang statistik juga akan mengembangkannya di bidang ITI atau web, berbentuk aplikasi yang nantinya bisa diisi langsung oleh OPD masing-masing, kemudian direkap oleh bidang statistik untuk dijadikan bank data.

"Kami terus berupaya sebaik mungkin, kedepan diharapkan bisa terealisasi melalui jaringan internet atau web, sehingga OPD bisa mengisi langsung di aplikasi yang sudah kami sediakan agar lebih mudah dan cepat dalam menghimpun data," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019