Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membangun gudang penyimpanan ikan dengan temperatur sangat dingin (cold storage) untuk menekan inflasi di daerah itu.

"Di antara tujuan membangun cold storage adalah untuk menekan inflasi yang selama ini cenderung tinggi seiring tingginya tingkat konsumsi dan harga ikan," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Deddy Muchdiyat di Koba, Selasa.

Hal itu dikemukakannya menyikapi pembangunan cold storage di Desa Kurau yang berkapasitas 30 ton dengan biaya bersumber dari APBN 2018.

"Cold storage ini sangat membantu nelayan,  mereka bisa menjual ikan dengan harga stabil dan mampu memproduksi ikan segar karena disimpan di dalam gudang dengan temperatur yang cukup dingin," ujarnya.

Ia mengatakan, cold storage Desa Kurau sudah mulai beroperasi sejak Februari 2019 setelah pembangunannya dirampungkan dan Kurau akan menjadi daerah penghasil ikan segar.

"Pembangunan cold storage ini sudah direncanakan sejak lama, dimulai dari pengusulan ke kementerian terkait hingga akhirnya awal 2018 disetujui pembangunannya," ujarnya.

Ia mengatakan, pembangunan cold storage juga bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan Desa Kurau.

"Hasil tangkapan nelayan bisa disimpan dulu di gudang, aman dalam waktu lama, tetap segar dan harganya tetap stabil," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019