Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menetapkan Ketua Forum Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (FPKDRT) Kecamatan Riau Silip, Selamet Haryon.

"Kami setelah melakukan beberapa pertimbangan dan pemilihan, akhirnya menetapkan Selamet Haryon sebagai Ketua FPKDRT Kecamatan Riau Silip," kata Sekretaris DP2KBP3A Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Riau Silip, Selasa.

Ia mengatakan fungsi dari FPKDRT tersebut sebagai wadah untuk menampung pengaduan dari masyarakat terkait kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi di daerah itu untuk diselesaikan baik secara kekeluargaan atau pun jalur hukum.

Menurut dia jika masyarakat mengalami tindak kekerasan dalam rumah tangga bisa melaporkan langsung ke FPKDRT, supaya bisa ditindaklanjuti ke dinas atau instansi lainnya.

"Masyarakat dapat langsung melaporkan ke forum ini, tentu mereka akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk penyelesaiannya," katanya.

Ia menambahkan semua laporan masyarakat yang ditampung akan dilaporkan langsung ke kepala desa (Kades) setempat, untuk dirembukkan penyelesaiannya.

Pihaknya berharap agar keberadaan FPKDRT tersebut dapat menekan angka kekeradan dalam rumah tangga di Kabupaten Bangka.

"Harapan kami tentunya angka kekerasan khususnya dalam rumah tangga di Kabupaten Bangka dapat ditekan melalui forum ini," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019