Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Enang Ahmadi menyarankan pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyelenggarakan program Gala Siswa Indonesia.

"Saya sarankan pemerintah Kabupaten Bangka dapat menyelenggarakan program Gala Siswa Indonesia pada sekolah tingkat dasar sampai sekolah tingkat pertama," katanya di Sungailiat, Rabu, saat bersama Bupati Bangka, Mulkan meresmikan gedung SMP Negeri 2 Sungailiat.

Dia mengatakan, program Gala Siswa Indonesia untuk menjaring siswa yang memiliki prestasi bola kaki untuk dikembangkan menjadi pemain profesional.

"Sampai dengan sekarang tercatat kurang lebih 2.500 siswa di Indonesia yang masuk dalam program Gala Siswa Indonesia," katanya.

Menurutnya, peserta Gala Siswa Indonesia akan dilatih oleh pelatih bola kaki nasional baik berlatih di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Tahun ini sejumlah siswa Gala Siswa Indonesia akan diajak berlatih di Jepang dilanjutkan melakukan latihan yang sama di Spanyol," jelasnya.

Dia mengatakan, masing-masing peserta Gala Siswa Indonesia akan memperoleh beasiswa dari pemerintah pusat dengan uang saku senilai Rp3 juta perbulan.

"Melalui prestasi bola kaki atau prestasi olahraga lainya dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia pada tingkat Internasional, itu terbukti dari prestasi atlet asal Indonesia yang dipertimbangkan oleh atlet di dunia," jelasnya.

Dia mengatakan, dengan diselenggarakan program Gala Siswa Indonesia oleh pemerintah Kabupaten Bangka dapat memunculkan siswa yang berprestasi terutama dicabang bola kaki yang banyak diminati masyarakat.

Menurutnya, selain program Gala Siswa Indonesia, pemerintah pusat juga membuka program Bina Potensi Bintang untuk menjaring siswa mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa.

"Program Bina Potensi, memberikan kesempatan bagi siswa tingkat SMP di Indonesia mengembangkan bakatnya sesuai kemampuan," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019