Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berharap pemerintah pusat melalui kementerian terkait dapat membantu realisasi rencana pembangunan gedung sekolah tingkat pertama di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat.

"Pemerintah Kabupaten Bangka menaruh harapan besar ke pemerintah pusat melalui Kemendikbud RI, membantu merealisasikan rencana pembangunan gedung SMP di Desa Kace diatas tanah hibah dari salah satu warga desa setempat dengan mengalokasikan anggaran," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Kamis.

Pihaknya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, merencanakan pembangunan gedung SMP di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat dapat dimulai tahun 2020.

"Keterlibatan pemerintah pusat membantu alokasi dana melalui anggaran pendapatan belanja negera untuk mewujudkan rencana pembangunan gedung SMP itu diperlukan sekali mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah Kabupaten Bangka," kata bupati.

Menurutnya, sistem rayonisasi masuk sekolah yang diberlakukan pemerintah menjadi salah satu penyebab sejumlah anak-anak tamatan SD di Desa Kace dan sekitarnya mengalami kesulitan untuk melanjutkan kejenjang SMP karena keterbatasan penerimaan jumlah siswa di sekolah yang dituju.

"Dengan sarana SMP itu nantinya diharapkan dapat memberikan pelayanan hak pendidikan bagi anak di Desa Kace yang selama ini sebagian mengalami kesulitan untuk sekolah di SMP," jelasnya.

Kasubid Sarana Prasarana Kemendikbud RI, Firdaus, kemarin saat mendampingi Bupati Bangka, Mulkan meninjau lahan hibah di Desa Kace mengatakan, pihaknya mendukung pemerintah Kabupaten Bangka dalam rangka meningkatkan pelayanan sarana pendidikan pada sekolah tingkat pertama.

"Prinsipnya pemerintah pusat tetap mendukung program pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melakukan pembangunan sarana pendidikan, namun tetap melalui tahapan kajian analisi baik teknis maupun administrasi," jelasnya.

Dia mengatakan, rencana pemerintah Kabupaten Bangka membangun SMP di Desa Kace akan dipaparkan di pusat atau langsung ke Menteri Kemendikbud Muhadjir Effendy, untuk mendapatkan masukan termasuk penyesuaian jumlah SMP di Kecamatan Mendo Barat.

Dia menyarankan pemerintah Kabupaten Bangka untuk tetap mempertahankan mutu pendidikan karena cukup baik jika dibandingkan dengan sejumlah daerah kabupaten lain di Indonesia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019