Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih melalui berbagai loma seni.

"Sosialisasi dengan menggelar berbagai kegiatan lomba seni untuk pemuda dan pemilih pemula ini akan kami gelar pada Sabtu (30/3) di Lapangan Voli Binajaya Muntok," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Yulizar di Muntok, Jumat.

Ia menerangkan, sejumlah lomba yang digelar dengan tema kepemiluan tersebut, antara lain berupa lomba karikatur, kartun, puisi, desain grafis dan lainnya.

Menurut dia, lomba selama satu hari itu nantinya juga akan diisi pentas musik dengan menampilkan sejumlah kelompok musik di daerah itu.

"Kami yakin kegiatan berjalan menarik dan mampu menyedot perhatian para pemilih, khususnya pemilih pemula dan kaum millenial untuk bersama-sama menyemarakkan kegiatan itu," ujarnya.

Selain upaya meningkatkan kemampuan berkesenian kaum muda, kegiatan itu juga akan diselingi dengan berbagai materi pendidikan politik untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemungutan suara 17 April 2019.

"Kami berharap partisipasi pemilih pemula semakin meningkat sehingga mampu memenuhi target 80 persen partisipasi pemilih pada pemilu kali ini," katanya.

Menurut dia, target partisipasi pemilih 80 persen dari jumlah pemilih di Bangka Barat sebanyak 128.716 orang merupakan target realistis dan mampu dicapai.

"Kami optimistis dengan peran serta seluruh pihak target itu akan bisa dicapai, bahkan mungkin lebih karena sosialisasi kepemiluan tidak hanya dari kami, namun saat ini sudah banyak yang terlibat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019