Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Husin Djais mengajak seluruh umat beragama di daerahnya turut menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019.

"Saya mengajak seluruh saudara-saudara umat beragama, baik Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu untuk bersatu menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019 mulai dari tahapan awal sampai akhir pelaksanaan pemilu," katanya sesuai mengikuti  apel pasukan Ops Mantap Brata Menumbing di Mapolres Bangka, Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan, peran aktif umat beragama mendukung kesuksean pelaksanaan pemilu 2019 sesuai dengan instruksi dari FKUB pusat, hal itu dilakukan FKUB guna kepentingan bangsa dan negara.

"Kami berharap penuh kepada seluruh umat beragama dapat mewujudkan dukungan pelaksaan pemilu dengan tetap menjaga kondisi yang kondusif, aman dan tertib," katanya.

Secara umum kata dia, masyarakat di Kabupaten Bangka yang terdiri dari berbagai suku dan agama tetap menjujung tinggi toleransi dan taat dengan ketentuan aturan yang ada.

"FKUB akan cepat bergerak ke lapangan jika terjadi sesuatu hal antar umat beragama untuk melakukan antisipasi maupun menfasilitasi penyelesaian permasalahan itu," ujarnya.

Namun kata Husin Djais, jika persoalan itu sudah mengarah pada pelanggaran hukum seperti "hoax" dan pelanggaran hukum lainnya akan diserahkan sepenuhnya kepihak kepolisian.

"Untuk penataan lintas umat beragama, kami sudah sepakat dengan pengurus anggota FKUB dari agama lain untuk mematau perkembangan dilingkungannya masing-masing agar tetap terjaga harmonisasi antar umat beragama," katanya.

Dia menyarankan pihak penyelenggara pemilu, agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku.

"FKUB selalu siap memberikan masukan positif baik kepada pihak penyelenggara pemilu, pemerintah daerah maupun masyarakat umum lainnya guna kepentingan bersama," jelasnya.

Menurutnya, seluruh umat beragama menginginkan agar pelaksanaan pemilu berjalan jujur dan berkeadilan untuk kepentingan menjaga keuntuhan kerukunan antar umat beragama.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019