Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap menggelar operasi pasar dan pasar murah sebanyak 59 kali, dalam rangka menghadapi momentum hari besar nasional dan perayaan keagamaan tahun 2019 seperti Puasa Ramadhan, Idul Fitri dan hari besar keagamaan lainnya.

"Dengan berkolaborasi bersama instansi dan mitra terkait, kita Dinas Pangan siap menggelar operasi pasar dan pasar murah 10 kali dan Dinas Perindustrian dan perdagangan 49 kali," kata Kabid Ketersedian Pangan Dinas Pangan Provinsi Babel, Sri Rezeki, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, operasi pasar dan pasar murah ini akan dimulai sebelum puasa, sebelum idul fitri, sebelum idul adha termasuk juga melakukan peresmian Toko Tani Indonesia Center (TTIC).

"TTIC merupakan wadah untuk menyerap gabah dari petani, dimana berasnya bisa dijual dan disubsidi pemerintah," ujarnya.

Sejumlah titik pelaksanaan operasi pasar dan bazar murah, yakni di Kelurahan Parit Lalang, Tua Tunu, Temberan, Taman Sari Sungailiat, Makodim 0413/Bangka dan lokasi TTIC.

"Pelaksanaannya nanti sekitar April, Mei, Agustus dan Oktober 2019. Dan tahun ini yang jelas volumennya kita perbanyak, namun tetap menyesuaikan dengan dana APBN," ujarnya.

Sri menambahkan, untuk sekali bazar atau operasi pasar murah, dananya Rp10 juta, termasuk tempat, tenda kursi, dan hiburan. Dinas Pangan Babel akan bersinergi bersama Disperindag Babel agar pelaksanaan operasi pasar dan pasar murah mampu memenuhi ketersedian stok pangan masyarakat.

"Kita juga berupaya menjaga stabilitas harga sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) agar terjangkau, aman dan tepat sasaran untuk masyarakat kurang mampu," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019