Kunjungan wisatawan manca negara di sejumlah objek wisata Pulau Kelapan Kecamatan Lepar Pongok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tinggi, untuk menikmati keindahan alam di daerah itu.

"Pada awal tahun ini wisatawan dari Amerika Serikat, China, Korea, Jepang dan negara lainnya cukup banyak berkunjung di  Pulau Kelapan," kata Camat Lepar Pongok Dodi Kusumah di Desa Tanjung Sangkar, Kamis.

Ia mengatakan wisatawan asing lebih tertarik berwisata di Pulau Kelapan, karena mereka menikmati keindahan pantai, alam bawah laut, berenang, mancing dan objek wisata lainnya di pulau tersebut.

"Alhamdulillah kunjungan wisatawan sudah tinggi, sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat di pulau ini," ujarnya.

Menurut dia untuk mengoptimalkan sektor pariwisata dan kunjungan wisatawan ini,  pemerintah daerah membutuhkan sarana dan prasana pendukung yang masih banyak kekurangan. 

Minsalnya, alat transportasi, sarana air bersih, homesty dan sarana pendukung lainnya yang kurang memadai untuk memuaskan wisatawan berwisata di pulau ini.

"Sarana air bersih sangat penting, karena wisatawan masih kesulitan yang membersihkan diri setelah menyelam dan berenang menikmati keindahan bawah laut yang masih alami," katanya.

Oleh karena itu, diharapkan Kementerian Pariwisata dan dinas terkait  untuk dapat membangun sarana serta prasarana pendukung di Pulau Kelapan ini, agar pariwisata di Pulau Lepar Pongok ini berkembang dengan baik.

"Paling tidak kunjungan wisatawan yang tinggi ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarganya," katanya.  ***1***

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019