Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengimbau kepada pemilik kapal yang biasa digunakan untuk kepariwisataan dapat ikut asuransi kecelakaan laut dengan mendaftarkan diri ke PT Jasa Raharja Persero Cabang Provinsi Babel.

"Kami imbau supaya diasuransikan bagi kapal kepariwisataan, seperti di Desa Penyusuk Kecamatan Belinyu sudah ikut asuransi bekerja sama dengan PT Jasa Raharja," kata Kepala Disparpora Kabupaten Bangka, Asep Setiawan di Sungailiat, Minggu.

Ia mengatakan kapal-kapal di Desa Penyusuk sebagian digunakan untuk kepariwisataan kunjugan ke Pulau Putri dan Pulau Lampu merupakan objek wisata yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa setempat.

Menurut dia ongkos penyeberangan memang dinilai mahal, hal ini dikarenakan ongkos sudah termasuk asuransi bagi pengunjung atau wisatawan yang pergi ke pulau tersebut.

"Iya memang sedikit mahal, tapi sudah masuk asuransi demi kenyamanan para pengunjung dan pemilik kapal juga," katanya.

Ia menambahkan tidak hanya kapal pariwisata ikut asuransi kecelakaan tetapi juga kendaraan di darat seperti mobil rental atau pun mobil milik pelaku wisata seperti travel.

Diharapkan dengan adanya asuransi kecelakaan bagi setiap kendaraan kepariwisataan di Kabupaten Bangka baik darat dan laut, rasa aman dan nyaman dapat dirasakan wisatawan atau pun pengunjung ke objek wisata di daerah itu.

"Kalau pengunjung atau wisatawan merasa aman dan nyaman, mudah-mudahan akan kembali lagi, apalagi pelayanan hal utama dalam kepariwisataan termasuk keamanan asuransi kecelakaan," katanya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019