Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ahkmad Mukhsin, mengingatkan pegawai di daerahnya agar mewujudkan pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Saya minta agar PHBS dapat dipratekkan dengan salah satu contoh menggunakan tempat merokok dengan harapan tidak merokok di tempat umum yang dapat merugikan orang lain," katanya di Sungailiat, Kamis, saat membuka acara pemetaan kebijakan PHBS dan berwawasan kesehatan.

Program pemerintah lainnya yang perlu dipratekkan kata dia, program Germas pola makan yang sehat gizi berimbang, dan setiap hari Jumat rutin berolahraga jam enam pagi.

"Saya berharap seluruh perserta yang merupakan perwakilan dari OPD, melalui kegiatan ini dapat mensinergikan teori dan praktek dalam mencari formulasi untuk mendukung dan menerapkan PHBS di Kabupaten Bangka," jelasnya.

Dia mengatakan, keberhasilan dari program harus ada perpaduan teori dan praktek yang disinergikan, sehingga tercapai dalam rangka menuju Bangka yang sehat dan menuju Indonesia yang sehat.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong seluruh instansi di Kabupaten Bangka agar dapat membuat kebijakan yang berwawasan PHBS dan kesehatan di instansinya masing-masing.

"Kegiatan ini agar dapat dipetakan PHBS dan berwawasan kesehatan di Kabupaten Bangka, serta untuk mendorong instansi dan pemangku kepentingan dalam menerapkan kebijakan berwawasan kesehatan," jelasnya.

Kegiatan ini menurut Then Suyanti berlangsung satu hari, diikuti 50 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh instansi di Kabupaten Bangka, dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019