Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan menggelar lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Tsanawiyah yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Perpustaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Nurwanto di Toboali, Senin mengatakan sebanyak 19 peserta yang berasal dari siswa-siswi dari ofranftha Bangka Selatan (Basel) dengan didampingi guru dan kepala sekolah masing-masing.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk membudayakan anak-anak kita agar gemar membaca," katanya.

Menurut dia, dengan rajin membaca diharapkan agar pengetahuan anak didik semakin meningkat, dan hal ini dikarenakan kegemaran membaca merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran.

Oleh karena itu, imbuh dia, pihaknya memberikan motivasi kepada siswa-siswi tersebut agar dapat mengembangkan minat dan kegemarannya serta dapat membudayakan literasi sejak usia dini.

"Dengan gemar membaca atau membudayakan literasi diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan sejak dini. Ini salah satu upaya pemerintah dengan mengadakan kegiatan lomba bercerita seperti ini setiap tahun," katanya.

Ia mengatakan lomba bercerita yang digelar hari ini rencananya akan dilaksanakan dengan sistem berjenjang yang dimulai dari tingkat kabupaten.

Kegiatan ini nantinya akan diikuti secara berjenjang ke tingkat provinsi dan nasional. Pemenang pada tingkat kabupaten akan diikutsertakan ditingkat provinsi, begitupun juga apabila memenangkan lomba di tingkar provinsi nanti akan kembali dilombakan ditingkat nasional," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019