Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, segera melakukan normalisasi atau pengerukan aliran air sungai di kawasan pasar pagi tradisional daerah itu guna mengantisipasi banjir.

"Dalam waktu dekat kita akan menurunkan alat berat untuk melakukan pengerukan agar ketika hujan turun, air di sungai itu dapat lancar mengalir," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Jumat.

   
Dia mengatakan, normalisasi atau pengerukan sungai di kawasan pasar pagi menjadi kegiatan penting yang segera dilakukan mengingat kawasan pasar tradisional itu sering terjadi banjir akibat luapan air yang tidak mampu tertampung.

"Saya segera menginstruksikan dinas terkait untuk segera menerjunkan alat berat membersihkan aliran sungai di kawasan pasar tersebut," katanya.

Diketahui, pasar pagi tradisional yang berada di Kecamatan Sungailiat berada tepat di depan Kantor Urusan Agama (KUA) dan sering mengalami kebanjiran pada saat intensitas hujan lebat.

"Dengan dilakukan pembersihan aliran sungai, saya harapkan tidak terjadi banjir lagi jika turun hujan dengan lebat," kata bupati.

Selain melakukan pengerukan dan membersihkan aliran sungai, pihaknya juga akan membangun jalan sepanjang 200 meter yang menghubungkan pemukiman penduduk dengan pasar pagi tradisional atau pasar inpres yang sudah diresmikan.

"Kami akan membangun jalan sepanjang 200 meter agar masyarakat di sekitar pasar mudah menjangkau untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari," ujarnya. ***3***

Pewarta: Kasmono

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019