Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan proses bongkar muat sembako di daerah itu berjalan lancar jelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Kalau untuk sembako berjalan lancar dan tidak ada hambatan-hambatan memang kami sudah melakukan antisipasi menjelang lebaran," kata Kepala KSOP Tanjung Pandan, Afriyon Putra di Tanjung Pandan, Kamis.

Ia mengatakan, sejauh ini kegiatan bongkar muat di daerah itu lancar dikarenakan faktor cuaca dalam kondisi baik sehingga kedatangan kapal - kapal pengangkut sembako tidak mengalami keterlambatan.

"Kegiatan proses pembongkaran peti kemas juga berjalan lancar," katanya.

Menurut dia, kegiatan proses bongkar muat sembako mulai mengalami peningkatan sejak dua minggu menjelang lebaran, sedangkan seminggu jelang lebaran biasanya kegiatan bongkar muat sembako mulai menurun.

"Seminggu sebelum lebaran biasanya sudah difokuskan untuk arus penumpang sehingga aktivitas bongkar muat sembako mulai berkurang," ujarnya.

Dikatakannya, barang - barang kebutuhan pokok di daerah itu dominan didatangkan dari Jakarta dan sekitarnya.

"Seminggu lalu aktivitas bongkar muat sembako ramai termasuk juga bongkar muat barang - barang kebutuhan lebaran," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019