Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Selatan melakukan pemeriksaan terhadap bus angkutan penumpang guna mempersiapkan kelancaran arus mudik di daerah itu.

"Pengecekan ini kami lakukan guna memperlancar dan menjaga keselamatan masyarakat yang hendak menggunakan jasa angkutan darat untuk mudik lebaran," kata Kepala Bidang Perhubungan Darat, Hairul di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan pelaksanaan kegiatan ini dilakukan bersama dengan Polres Bangka Selatan dan Kodim 0413/BKA. Untuk fokus pemeriksaan kali ini meliputi teknis kelayakan operasional hingga administrasi.

"Hari ini ada lima bus yang kami periksa yang saat itu sedang berada di terminal dan jenis semuanya sama yakni jenis mobil bus sedang," katanya.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, petugas menemukan berbagai pelanggaran baik  teknis, berupa ban bekas yang dipakai maupun lampu rem yang tidak berfungsi sedangkan pelanggaran administrasi yang ditemukan yakni, tidak memiliki buku uji dan STNK yang dibawa sopir hanya fotocopy.

"Banyak pelanggaran yang kami temukan, bahkan ada yang tidak layak jalan, untuk itu kami mengimbau untuk segera melengkapi kelayakan operasionalnya, terutama masalah teknis," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019