Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memeriksa muatan kapal laut yang melayani jalur penyeberangan Pelabuhan Sungaiselan-Pelembang.

"Kami periksa muatan kapal yang menyeberang baik barang maupun orang, jangan sampai kelebihan muatan karena berisiko dalam pelayaran," kata Kabid Perhubungan Diperkimhub Bangka Tengah, Fani Hendra Saputra di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, tercatat sebanyak empat unit kapal laut yang melayani pelayaran Pelabuhan Sungaiselan-Palembang, Sumatera Selatan.

"Hari ini kami mengecek secara menyeluruh baik kondisi kapal, jumlah penumpang, jumlah barang, alat keselamatan dan kondisi nakhoda kapal," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh nakhoda tidak mengangkut barang melebihi dari kapasitas muatan kapal karena sangat rawan terjadi kecelakaan di laut.

"Kondisi operator atau nakhoda kapal serta ABK juga kami periksa, terutama kesehatan mereka karena ini terkait dengan keselamatan barang dan orang," ujarnya.

Pihaknya meminta para pemilik dan nakhoda kapal untuk selalu berkoordinasi dengan pihak KSOP sesuai dengan wilayah kewenangan kerja.

"Pelabuhan Sungaiselan merupakan pelabuhan kecil yang merupakan satu dari pintu masuk barang dan orang selain Pelabuhan Pangkalbalam, Tanjung Kalian dan Belinyu," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019