Sejumlah personel Satpol PP Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pengawasan di sejumlah pasar di daerah itu.

"Kami memperketat pengawasan di sejumlah pasar di Kabupaten Bangka, karena jumlah pengunjung terutama di pasar tradisional sudah mulai meningkat cukup banyak sejak empat atau lima hari lalu," kata Kabid Perundang-Undangan Satpol PP Kabupaten Bangka, Achmad Suherman di Sungailiat, Senin.

Pengawasan difokuskan kepada pengunjung pasar untuk mengantisipasi terjadinya tindak pelanggaran seperti pencurian barang dagangan milik pedagang maupun pelanggaran lainnya serta membantu pengaturan kendaraan.

"Tingginya jumlah pengunjung pasar yang diperkirakan masih akan terjadi sampai H - 1 Idul Fitri tidak menuntup kemungkinan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Dia mengemukakan, untuk gelandangan pengemis dan pengamen (gepeng) pada menjelang lebaran dipastikan tidak ada di pasar kota Sungailiat karena rutin dilakukan razia dan ditindak tegas.

"Sudah sejak lama di pasar Sungailiat, Kabupaten Bangka tidak ada gepeng, kalaupun ada akan segera kami lakukan tindakan seperti dikembalikan ke daerah asalnya dengan bekerjasama dengan dinas terkait," jelasnya.

Sedangkan untuk pengaturan letak posisi bagi pedagang musiman, kata dia sebelumnya sudah ditetapkan wilayah khusus untuk pedagang musiman sehingga tidak menganggu pedagang lainnya.

"Untuk pedagang musiman di bulan Ramadhan, sudah ditetapkan lokasinya sehingga diharapkan tidak saling merugikan dengan pedagang lainnya terutama pedagang yang sudah terlebih dahulu lama melakukan aktivitas jualan di pasar," terangnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019