Muntok (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, segera melakukan penyortiran surat suara Pemilu Presiden 2014 sebagai upaya antisipasi kemungkinan kekurangan saat akan digunakan pada 9 juli.

"Penyortiran surat suara ini untuk mengetahui kondisi fisik surat suara tersebut sehingga bisa digunakan saat pencoblosan sekaligus untuk memastikan jumlah yang dikirim sesuai kebutuhan," ujar Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Sabtu.

Ia menjelaskan penyortiran akan dilakukan minggu depan dengan melibatkan sejumlah tenaga yang sudah direkrut KPU setempat yang berasal dari warga sekitar yang sudah dikenal baik.

"Pada penyortiran surat suara ini kami sekaligus melakukan pelipatan yang melibatkan para tenaga rekrutmen dan pegawai sekretariat untuk mengantisipasi adanya kemungkinan kebocoran surat suara ke luar kantor," kata dia.

Ia menambahkan bahwa pada proses penyortiran dan pelipatan surat suara, pihaknya tetap akan melibatkan pihak kepolisian dan panwaslu setempat sesuai aturan yang ada.

Selain pengawasan pihak tersebut, kata dia, pada saat aktivitas pelipatan pun para tenaga lipat akan mendapatkan pengawasan ketat dari tenaga sekretariat yang sebelumnya sudah diberikan bimbingan teknis tahapan pelipatan suara oleh komisioner.

"Bimbingan teknis sudah diberikan dengan harapan mereka mampu melakukan tugas dan pengawasan pekerjaan penting tersebut mengingat yang dikerjakan ini merupakan salah satu dokumen penting negara, maka mereka tetap harus hati-hati dan jangan sampai ada surat suara yang keluar dari kantor atau bocor," kata dia.

Setelah proses penyortiran, kata dia, KPU setempat akan membuat rekapitulasi jumlah surat suara yang bisa digunakan dan yang rusak untuk dikirim ke KPU Provinsi sebagai pertanggungjawaban kerja sekaligus memastikan jumlah riil surat suara apakah ada kekurangan atau tidak.

Surat suara Pilpres untuk daerah itu telah tiba di sekretariat KPU setempat pada Kamis (19/6) siang sebanyak 32 kotak paket, sesuai berita acara pengiriman jumlah suart suara dalam 32 kotak kardus itu tersebut 126.266 lembar, dengan rincian sebanyak 31 kotak masing-masing berisi 4.000 lembar dan satu kotak lainnya berisi 2.266 lembar.

Selain menerima 32 kotak berisi surat suara, pada KPU JUga sudah menerima sebanyak 1.000 surat suara pilpres yang akan digunakan jika terjadi pemilihan suara ulang, dan satu kotak berisi 379 lembar daftar psangan calon yang nantinya akan ditempel di setiap TPS.

"Setelah surat suara itu tiba, langsung disimpan di gudang dan akan dikeluarkan pada saat akan dilakukan penghitungan, penyortiran dan pelipatan surat suara, sekaligus mencocokkannya dengan berita acara pengiriman barang," kata dia.

Pemilu Presiden dan Wakil Presiden akan dilangsungkan pada 9 Juli 2014 yang diikuti dua pasangan calon, masing-masing pasangan nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan nomor urut 2 pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014