Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah menilai kawasan objek Wisata Pulau Lengkuas di Sijuk, Belitung, perlu memiliki dermaga apung sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke pulau itu.

"Sudah sejak dulu sewaktu menjabat Sekda Belitung saya sudah berpikir untuk Pulau Lengkuas memang perlu adanya dermaga apung," katanya di Tanjung Pandan, Minggu.

Ia menilai, pembangunan dermaga apung di kawasan objek wisata tersebut dapat membantu aktivitas bagi perahu - perahu wisata yang bersandar, terutama ketika air laut sedang dalam kondisi pasang surut.

"Dengan melihat peristiwa yang terjadi kemarin maka ini jangan ditunda lagi segera lakukan pengajuan," ujarnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi mendukung sepenuhnya rencana pembangunan dermaga apung di objek wisata Pulau Lengkuas tersebut.

Pemerintah Kabupaten Belitung diharapkan segera berkirim surat terkait rencana pembangunan dermaga apung itu kepada Pemerintah Provinsi Bangka Belitung agar dapat dipertimbangkan dalam berbagai aspek.

"Sehingga Pemprov bisa mempertimbangkannya melalui dana bantuan kepada Kabupaten untuk pengadaan dermaga apung," ujar dia.

Kemudian, Pemprov juga akan memberikan dukungan rekomendasi terhadap pembangunan dermaga apung jika diminta oleh Kementerian Perhubungan.

"Dukungan Pemprov kami akan memberikan rekomendasi," katanya.

Sementara itu, Bupati Belitung, Sahani Saleh mengatakan sudah sejak lama merencanakan pembangunan dermaga apung di Pulau Lengkua, namun kondisinya sampai sekarang belum terealisasi dikarenakan faktor lahan.

"Maka saat ini kami menyiapkan lahan dulu. Dalam waktu dekat kami akan ke sana melengkapi dokumen lahan itu dan memastikan lahan itu milik Pemerintah Daerah kalau tidak maka tidak bisa dibangun," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019