Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan tahapan pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati akan dimulai September 2019.

"Saat ini kami sedang melakukan berbagai persiapan dan penjadwalan tahapan sekaligus perencanaan kebutuhan anggaran untuk menggelar pesta demokrasi tersebut," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Jumat.

Berbagai persiapan sengaja dilakukan jauh hari agar proses tahapan dan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bangka Barat pada 2020 bisa berjalan sukses.

Menurut dia, Pilkada Kabupaten Bangka Barat kemungkinan akan digelar pada Desember 2020, namun tahapan awal mulai dilakukan pada September 2019.

"Untuk proses pencalonan dan pendaftaran sekitar Juni 2020 sudah dimulai," ujarnya.

Selain persiapan itu, pihaknya saat ini juga sedang melakukan penghitungan kemungkinan jumlah pemilih untuk menentukan jumlah tempat pemungutan suara.

"Akan ada pengurangan jumlah TPS Pemilu 2019 karena pada pilkada jumlah pemilih maksimal 500 orang pemilih per TPS," katanya.

Ia berharap berbagai persiapan yang sedang dilakukan bisa menyusun perencanaan secara matang sehingga pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan lebih sukses dibandingkan sebelumnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019