Desa Baru Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengoptimalkan peran kader kesehatan guna meningkatkan kesadaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat di daerah itu.

"Peran kader kesehatan sangat penting guna meningkatkan kesadaran dalam menjaga kesehatan di Desa kami," kata Sekretaris Desa Baru, Suminah di Manggar, Jumat.

Menurut dia, saat ini jumlah kader kesehatan di daerah itu terdiri dari sebanyak delapan orang kader posyandu, dua orang kader lansia, dan enam orang kader balita, mereka juga aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan.

"Kader posyandu setiap bulannya rutin menimbang dan memeriksa kesehatan balita. Mereka juga rutin melakukan pemeriksaan kolesterol, asam urat, dan kadar gula," ujarnya.

Pemerintah Desa, kata dia, mendukung sepenuhnya peran kader kesehatan di daerah itu baik dari sisi anggaran, pengadaan alat - alat kesehatan dan pemberian makanan tambahan bagi lansia.

"Ada dana dari pusat yang memang sekian persennya harus digunakan untuk kesehatan. Di posyandu misalnya kami berikan penambahan vitamin, alat timbangan, atau pemberian makanan tambahan bagi lansia," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap, masyarakat di daerah itu untuk senantiasa menjaga kesehatan dan jangan takut untuk memeriksakan kondisi kesehatannya secara rutin.

"Dengan hidup sehat maka akan terasa indah dan nyaman. Apalagi generasi remaja - remaja yang sehat," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019