Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengatakan Kejuaraan Nasional Whusu 2019 di Kota Pangkalpinang meningkatkan kunjungan wisatawan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian rakyat di negeri laskar pelangi tersebut.

"Kami mengajak 715 atlet, pelatih, para pendukung yang mengikuti Kerjunas Whusu tahun ini mengunjungi objek wisata dan menikmati kuliner khas daerah ini," kata Erzaldi Rosman Djohan saat pembukaan Kerjunas Whusu 2019 di Pangkalpinang, Sabtu malam.

Ia mengatakan Kejurnas Whusu yang memperebutkan Piala Bergilir Presiden Republik Indonesia dan sekaligus babak kualifikasi PON 2020 di Papua ini sebagai tolak ukur bagi pembinaan prestasi para atlet di masing-masing kontigen.

"Saya menyakini kejurnas ini akan lahir atlet-atlet whusu Indonesia yang berkualitas, andal dan mampu berprestasi di dunia internasional," ujarnya.

Menurut dia, kejurnas ini memiliki arti yang sangat strategis bagi Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel yang saat ini sedang menggencarkan "sport to tourism" untuk memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah melalui peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Kami berharap pelaksanaan ajang bergengsi ini meraih kesuksesan penyelenggaraan, prestasi dan ekonomi kerakyatan di daerah ini," katanya.

Ia berharap para peserta usai kejurnas ini dapat mengunjungi objek wisata dan menikmati keindahan alam Bangka Belitung yang tidak kalah indahnya dengan daerah lainnya.

"Bangka Belitung memiliki kuliner yang enak-enak, kalau tidak percaya silahkan coba makanan khas daerah ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu gubernur juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh panitia, sponsor yang ikut menyukseskan pembukaan Kejurnas Whusu tahun ini yang berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PBWI yang telah mempercayai Babel sebagai tuan rumah Kejurnas Whusu, karena ajang ini berdampak baik terhadap peningkatan kunjungan wisatawan dan ekonomi kerakyatan daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019