Objek wisata Danau Biru di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019, karena memiliki daya tarik tersendiri dan sebuah penomena alam yang cukup unik.

"Danau biru atau danau kaolin ini masuk nominasi API 2019 yang dinilai dari sisi keunikannya," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, API merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

"API juga untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing," ujarnya.

Ibnu Saleh mengatakan, Danau Kaolin merupakan objek wisata mini yang merupakan bekas lubang tambang yang sudah ada sejak 1971.

Danau Kaolin ini awalnya merupakan kawasan penambangan bijih timah milik PT Koba Tin yang tidak lagi dieskplorasi sejak 1971, sekarang menjadi destinasi wisata baru, ujarnya.

Ia mengatakan, Danau Kaolin merupakan destinasi wisata yang berbeda dengan kawasan wisata lainnya karena termasuk objek wisata tambang.

Menariknya sebuah kawasan wisata ini kalau potensi yang dimiliki berbeda dengan kawasan wisata kebanyakan seperti wisata pantai, alam, hutan dan wisata agrowisata, katanya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019