Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya meningkatkan hasil produksi perikanan baik melalui sektor tangkap maupun budidaya guna mencukupi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Selasa mengatakan untuk mendukung peningkatan hasil produksi perikanan melalui sektor tangkap pemerintah akan memfasilitasi peralatan seperti GPS dan jaring ramah lingkungan.

"Untuk bidang tangkap di sektor perikanan terus kami tingkatkan, dengan program menfasilitasi seperti alat bantu tangkap diantaranya GPS dan jaring guna tingkatkan hasil tangkap pada nelayan kita dan untuk GPS saat ini sudah proses lelang," Katanya.

Menurut dia, kriteria penerima bantuan adalah mereka yang tergabung dalam kelompok nelayan dan memiliki koperasi yang sehat.

"Untuk kriteria penerima pasti ada, kelompok nelayan atau koperasi nelayan yang telah berjalan," katanya.

Sedangkan untuk upaya peningkatan produksi perikanan melalui bidang budidaya, Pemerintah akan melaksanakan dua program yakni bantuan benih ikan dan program mina padi yang dimana pembudidayaan ikan air tawar digabung dengan tanaman padi.

"Budidaya kami akan berikan bantuan benih dan untuk sementara yakni benih ikan lele dan nila akan disalurkan kepada pembudidaya ikan air tawar," katanya.

Ia mengatakan untuk program mina padi sendiri rencananya akan dipusatkan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Toboali dan Pulau Besar.

"Kami harap masyarakat penerima bantuan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan produksi ikan salah satunya dengan pemanfaatan bantuan yang diberikan secara optimal," katanya. 

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019