Kantor wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberi bimbingan teknis (Bimtek) terkait aplikasi persediaan dalam pengelolaan barang aset yang diikuti seluruh pengurus barang di SMA/SMK se-Bangka Belitung.

"Aplikasi persediaan ini menjadi solusi pencatatan manual, karena hingga saat ini pengurus barang di SMA/SMK di bawah Pemerintah Provinsi Bangka Belitung masih menggunakan Ms. Excel sebagai alat untuk mencatat persediaan di sekolah masing-masing," kata Kepala Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah Kanwil DJPb Babel, Amoeng PSP, di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, bimbingan teknis ini dimulai dari penginstalan aplikasi hingga pencetakan laporan persediaan melalui aplikasi persediaan, yang merupakan aplikasi pencatatan persediaan yang diperuntukkan untuk satuan kerja lingkup Pemerintah Pusat.

Namun dalam praktiknya aplikasi ini digunakan untuk mencatat persediaan pada SKPD lingkup Pemerintah Daerah dengan sedikit penyesuaian pada nama UAPB hingga UAKPB dan metode penilaian persediaannya.

"Bimtek ini diawali dengan penginstalan aplikasi persediaan pada laptop tiap-tiap peserta. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi pencatatan persediaan yang dipandu oleh narasumber Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung," ujarnya.

Acara diselingi dengan kuis-kuis yang dikemas menarik sehingga peserta dapat lebih memahami materi substantif terkait persediaan itu sendiri dan juga memahami penggunaan aplikasi dalam praktik pencatatan persediaan sehari-hari.

Sebagai penutup Kanwil DJPb Provinsi Bangka Belitung menyampaikan bahwa siap membantu apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk berkonsultansi.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019