Polisi Sektor Jebus, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada para pelajar untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

"Kami lakukan sosialisasi di beberapa sekolah selama kegiatan masa pengenalan sekolah bagi siswa baru, kami harapkan kegiatan ini bermanfaat dan mampu menekan jumlah kecelakaan di jalan raya," kata Kapolsek Jebus AKP M Saleh saat dihubungi dari Mentok, Selasa.

Berbagai materi sosialisasi yang diberikan diharapkan para siswa baru tingkat SMA di daerah itu semakin memahami aturan lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas dan bahasa tubuh atau gerakan pengaturan lalu lintas yang dilakukan polisi.

"Kami berharap melalui kegiatan itu para siswa mampu menjadi pelopor tertib berlalu lintas bagi diri sendiri dan orang lain di lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Beberapa sekolah menjadi objek sosialisasi personel, seperti yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Parittiga pada Selasa (16/7) pagi yang melibatkan sekitar 100 orang siswa baru di sekolah tersebut.

Kegiatan itu terselenggara berkat kerja sama antara Polres Bangka Barat bersama pihak pengelola sekolah dengan mengambil tema etika berlalu lintas.

Dalam kesempatan tersebut petugas memberikan pembinaan dan penyuluhan tentang pentingnya menaati peraturan lalu lintas serta cara berkendara yang aman di jalan raya.

Selain itu, kelengkapan yang wajib dibawa pada saat mengendarai kendaraan bermotor, mekanisme dan proses mengurus surat ijin mengemudi.

Dengan adanya kegiatan tersebut mampu memberikan dampak yang positif bagi para siswa agar para peserta bisa menjadi pelopor etika berlalu lintas yang baik dan benar. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019