Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka memeriahkan peringatan ulang tahun Bhayangkara Ke-73 akan menggelar kejuaraan off road di kawasan Pantai Batuberani Mentok.

"Rencanaya kegiatan itu digelar untuk umum selama dua hari mulai Sabtu (27/7)," kata Ketua Pengurus Cabang IOF Kabupaten Bangka Barat Firman Novayudin di Mentok, Jumat.

Firman mengatakan, saat ini masih dalam proses pematangan persiapan agar kegiatan yang melombakan empat kategori tersebut berjalan aman, lancar, sukses dan meriah.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kasatlantas Polres Bangka Barat dan izin Kapolres untuk mendukung kelancaran lomba," ujarnya.

Ia menerangkan sebanyak empat kategori lomba yang akan dilaksanakan tersebut, yaitu kelas 1.000 cc dan 2.500 cc berbahan bakar premium, di atas 2500 cc mesin diesel dan kategori tubular FFA.

Untuk sistem penilaian dan ketentuan perlombaan sesuai aturan yang berlaku di IOF, sedangkan biaya pendaftaran panitia memastikan lebih murah dibandingkan uang pendaftaraN pada kejuaraan di daerah lain.

"Beberapa persiapan telah dilakukan mulai dari penyusunan panitia hingga penginapan peserta," katanya.

Menurut dia, perlombaan otomotif regional tersebut juga melibatkan para penggemar otomotif dari Menumbing Jeep Community, Rumah Inspirasi, Polres Bangka Barat dan warga sekitar arena.

"Kegiatan ini banyak manfaatnya, kami berharap kegiatan ini dapat dijadikan agenda rutin tahunan sehingga Kabupaten Bangka Barat dapat lebih dikenal secara luas, khususnya sebagai daerah memiliki komunitas pecinta jeep," katanya.

Menurut dia, dampak posiTIF dari kegiatan itu antara lain sebagai ajang menyalurkan kegemaran, menambah PAD daerah dari pajak, tiket masuk dan parkir, meningkatkan pariwisata dan menggairahkan sektor usaha kecil dan menengah yang ada di Bangka Barat.

"Kami targetkan peserta tidak hanya lokal, namun juga dari Palembang dan beberapa kota di Sumbagsel," katanya.

Selain menggerakkan sektor pariwisata, kegiatan seperti itu juga akan menambah kedekatan antara polisi dengan masyarakat sehingga akan memudahkan dalam upaya bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan di tengah masyarakat.

Baca juga: Polisi Bangka Barat giatkan penyuluhan cegah kebakaran lahan

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019