Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahbudin mengajak masyarakat di daerahnya meningkatkan kebersihan sebagai upaya pencegahan kebakaran.

"Masyarakat dituntut peduli dengan lingkungan sekitar terutama menghindari pembakaran sampah di sekitar rumah yang dapat mengacam kebarakan lebih luas," katanya di Sungailiat, Jumat, sesuai menggelar "Jumat Bersih" di kawasan hutan kota.

Selain melarang membakar sampah sembarangan, wabup mendorong masyarakat berperan aktif dengan persoalan sampah seperti tidak membuang sampah di aliran sungai.
   

Musim kemarau, ujar dia berpontensi besar terjadinya kebakaran di kawasan hutan maupun di lingkungan masyarakat setempat selama kurang perhatian dari masyarakat itu sendiri.

"Saya ingatkan masyarakat tidak membuang putung rokok di kawasan hutan maupun di tempat lain yang rawan terjadinya kebakaran," katanya.

Selain mendorong dan mengingatkan masyarakat, tambahnya pihaknya dengan melibatan organisasi perangkat daerah turun langsung ke sejumlah tempat melakukan pembersihan atau kerja bakti.

"Dengan turunnya ASN dari OPD menggelar kerja bakti, dapat memotivasi masyarakat untuk melakukan hal yang serupa," sebutnya.

Masyarakat selain memiliki peran penting mewujudkan kota yang bersih, juga terlibat mendukung program pembangunan pemerintah secara menyeluruh.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019