Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  berkomitmen untuk melayani kebutuhan  air bersih untuk masyarakat  dengan cara mengoptimalkan fungsi UPT PAM.

"Saat ini kami terus berbenah, baik itu melengkapi sarpras maupun meningkatkan pelayanan guna merealisasikan komitmen Pemda untuk penyediaan air bersih bagi masyarakat Bangka Selatan," kata Kepala UPT PAM, Yudi Siswanto di Toboali, Sabtu.

Menurut dia, dengan ditambahnya anggaran operasional untuk pemeliharaan SPAM dan jaringan distribusi pihaknya yakin komitmen penyediaan air bersih tetap terjaga.

"Selain itu, Bupati juga berkomitmen untuk terus melakukan pembangunan infrastruktur pendukung SPAM seperti rumah pompa, peluasan jaringan pipa distrubusi dan tahun lalu kami sudah membangun ground resevoar gadung dan sebelumnya pengadaan listrik di semua SPAM yang ada sudah terwujud sehingga dapat melayani masyarakat lebih maksimal," kata dia.

Tidak hanya itu, dibidang pelayanan UPT PAM mulai melayani pelayanan pengaduan online melalui telepon genggam untuk mempermudah masyarakat melaporkan apabila terjadi kerusakan meteran air maupun jaringan pipa distribusi.

"Pelanggan juga bisa melaporkan melalui aplikasi yang ada atau langsung ke kantor. Kami bersama kawan kawan  distribusi berusaha maksimal akan merespon cepat semua laporan yang masuk, selain itu lewat aplikasi itu juga, pelanggan bisa melakukan pengecekan tagihan air," katanya.

Kendati demikian, Kepala UPT PAM mengakui belum bisa melayani masyarakat secara maksimal karena terkendala kendaraan lapangan yang belum memadai.

"Untuk pelayanan kedaerah kami memang belum maksimal karena kendaraan terbatas mengingat wilayah pelayanan kami ada di beberapa kecamatan, namun untuk mengatasi hal tersebut jika perbaikan mendesak di dua lokasi berbeda kami menggunakan mobil tangki untuk mengangkut personel dan logistik," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019