Sungailiat (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melibatkan PT Pos Indonesia Persero setempat dalam pengiriman logistik pemilu.

"Dipilihnya PT Pos sebagai perusahaan jasa pengiriman logistik pemilu karena perusahaan negara itu dianggap mampu sebagaimana halnya pengiriman logistik pemilu legislatif lalu," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka, Budi Yulianto di Sungailiat, Minggu.

Hanya saja, kata dia, meskipun PT Pos yang akan melakukan distribusi logistik pemilu namun tetap harus mematuhi ketentuan pihak KPU seperti, pendistribusiannya harus sampai alamat di PPS.

"PT.Pos akan mendistribusikan logistik pemilu ke alamat atau panitia pemungutan suara (PPS) yang kami tunjuk," ujarnya.

Menurut dia, jumlah kotak suara yang akan didistribusikan sebanyak 1.168 kotak yang diangkut menggunakan 12 truk.

"Pembongkaran kotak suara di Gudang KPU setempat kami jadwalkan mulai pagi hari pukul 05.00 WIB atau pukul 06.00 WIB sampai dengan selesai," katanya.

Pembongkaran kotak suara di Gudang KPU dijadwalkan pada pagi hari karena jumlahnya yang cukup banyak dan untuk menghindari keterlambatan pendistribusian sampai ke PPS yang jaraknya saling berjauhan.

"Pekerja pembongkaran nantinya dilakukan oleh teman-teman pegawai KPU sendiri seperti halnya pada saat dilakukan pelipatan surat suara," katanya.

Selain KPU Kabupaten Bangka, kata dia, ada sejumlah KPU lain di Provinsi Bangka Belitung menggunakan jasa PT Pos untuk mendistribusikan kotak suara.

"Tidak hanya KPU Kabupaten Bangka yang menggunakan jasa PT Pos namun ada sejumlah KPU lain menggunakan jasa yang sama," katanya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014