Polsek Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai fungsikan mobil patroli menjadi pemadam kebakaran guna mempermudah pemadaman api saat terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di daerah itu.

"Untuk mempermudah pemadaman api sebelum petugas kebakaran datang, kami mulai memfungsikan mobil patroli menjadi mobil pemadam kebakaran," kata Kapolsek Toboali, IPTU Yandri di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan mobil pemadam kebakaran Polsek Toboali, ini dilengkapi tong air yang bisa menampung air 1000 liter dan mesin penyemprot jenis robin serta berbagai peralatan lainnya yang dibutuhkan saat terjadi kebakaran.

"Mobil ini sudah mulai kami fungsikan kemarin, Senin (12/08) saat terjadi kebakaran lahan gambut di wilayah hukum polsek Toboali," katanya.

Menurut dia, inovasi dengan memfungsikan mobil patroli jadi mobil pemadam kebakaran ini dilakukan lantaran menindaklanjuti atensi Kapolda untuk mengamankan wilayah masing-masing dari Karhutla.

"Sesuai intruksi Kapolda untuk menjaga wilayah dari Karhutla untuk itu kami mensiagakan mobil patroli dengan dilengkapi perlengkapan pemadam kebakaran, jadi jika patroli anggota menemukan adanya kebakaran petugas langsung melakukan pemadaman," katanya.

Menurut dia, sampai saat ini pihaknya mendata ada lima titik rawan kebakaran yang ada di wilayah hukum polsek Toboali, antara lain yakni sepanjang Jalan Bikang, Desa Gadung, Jalan Tukak Sadai, Trans Rias dan Toboali.

"Adapun Langkah khusus yang kami lakukan untuk mengantisipasi Karhutla ada mensosialisasikan masyarakat bersama koramil dengan memasang spanduk larangan pembakaran hutan," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019