Program Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hingga Juli 2019 baru mencapai 48,45 persen.

"Program KIA baru mencapai 48,45 persen atau sebanyak 17.278 dari total 35.662 anak yang berhak mendapatkan KIA ," kata Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Puji Lestari di Manggar, Selasa.

Pihaknya mengakui pencapaian tersebut masih rendah, maka pada 2020 ditargetkan sudah mencapai 100 persen dengan berbagai program dan strategi.

"Kami lakukan sosialisasi secara masif ke sejumlah sekolah yang ada di daerah ini terkait dengan KIA," ujarnya.

Ia mengatakan, sosialisasi secara gencar mulai kami lakukan mulai Agustus 2019 karena calon penerima KIA itu adalah para siswa di sejumlah sekolah.

"Kami sudah memiliki komitmen semua anak yang berusia di bawah 17 tahun di daerah ini harus mengantongi KIA sebagai pengganti KTP," ujarnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak kecamatan, kelurahan dan desa dalam melakukan pembaruan data penduduk yang berusia di bawah 17 tahun.

"Pendataan juga terus dilakukan, karena sudah dipastikan selalu terjadi grafik peningkatan jumlah warga penerima KIA yang usianya di bawah 17 tahun," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019