Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang dimotori BUMN dapat menciptakan peserta didik berkarakter yang cinta tanah air Indonesia.

"Program ini sangat baik dan efektif untuk menjadikan siswa berkarakter," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel, M Soleh di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan para siswa peserta SMN ini dibekali pendidikan bela negara, cinta tanah air, kebudayaan, seni budaya dan tradisi masyarakat di nusantara ini.

Selain itu, para peserta ini juga langsung mempelajari budaya dan kebiasaan masyarakat di daerah tujuan program Siswa Mengenal Nusantara BUMN Hadir Untuk Negeri ini.

"Para siswa ini akan mempelajari keberagaman tentang kayanya nusantara ini, sehingga mempercepat perkembangan karakter siswa," ujarnya.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk Abdullah Umar mengatakan pelajar terpilih merupakan siswa berprestasi dari berbagai sekolah di Babel yang diseleksi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dari tingkat sekolah hingga provinsi.

"Mereka akan berada di Sulawesi Tenggara pada 15-25 Agustus 2019 untuk mengenal budaya setempat dan memperkenalkan budaya Babel. Mereka akan mengikuti serangkaian acara menegenal budaya dan berinterasi dengan sesama pelajar di sana," katanya.

Menurut dia PT Timah Tbk bersama PT Surveyor Indonesia (SI) dan LKBN Antara, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Babel telah memberikan pembekalan kepada mereka pada 12-14 Agustus 2019 di Pangkalpinang.

Pembekalan berisi pengetahuan tentang pariwasata, seni dan budaya Bangka Belitung, dengan tujuan agar para siswa terpilih juga bisa mejadi duta bagi Babel.

"Harapan kami mereka akan memiliki pemahaman yang luas serta sebagai generasi muda memiliki rasa cinta terhadap budaya Indonesia," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019