Sebanyak 23 peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) mulai digembleng dengan pendidikan bela negara di Makorem 045/Garuda Jaya Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Para pelajar itu mulai digembleng dan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan bela negara," kata Pasi Bhakti pada Korem 045/Garuda Jaya Bangka, Mayor Arh Tiyoso Y saat memberikan materi pelatihan, Kamis.

Kegiatan SMN 2019 di Provinsi Bangka Belitung diselenggarakan secara bersama oleh tiga BUMN, yaitu PT Timah selaku PIC, PT Surveyor Indonesia dan Perum LKBN Antara selaku Co-PIC.

"Mereka punya waktu sangat singkat, hanya sampai pada Jumat (16/8) tentu kegiatan kami padatkan dan yang paling penting adalah penguatan wawasan kebangsaan," ujar Tiyoso.

Ia mengatakan, siswa SMN merupakan pelajar berprestasi dan tentu saja menjadi generasi harapan bangsa yang sudah ditanamkan dasar-dasar bernegara.

"Berbagai kegiatan bela negara yang kami suguhkan kepada para pelajar tersebut untuk menambah dan menguatkan jiwa kebangsaan dan bela negara," ujarnya.

Menurut dia, dalam kegiatan bela negara lebih ditanamkan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila serta  memperkuat persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

"Selama mengikuti kegiatan dan meteri bela negara, tentu kami tekankan siswa wajib disipilin, jaga kekompakan dan kesetikawanan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019