Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengkonteskan ternak sapi hasil inseminasi buatan (IB), guna melihat perkembangan dan pertumbuhan perternakan kelompok petani di daerah itu.

"Kontes ini untuk melihat seberapa jauh pertumbuhan ternak sapi hasi IB petani," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel, Juaidi di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kontes ini diikuti 30 ekor sapi hasil IB berbagai jenis seperti sapi bali, brahman, smental, limosin dan lainnya.

"Panitia akan menilai umur, tinggi, bobot dan struktur badan sapi hasil IB ini," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kontes sapi ini bisa memotivasi kelompok petani untuk lebih mengembangkan usaha peternakannya.

"IB ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan proses kelahiran dan populasi ternak sapi di daerah ini," ujarnya.

Pjs Sekda Provinsi Kepulauan Babel, Yulizar Adnan mengapresiasi sekaligus mendukung kegiatan kontes sapi hasil IB ini, karena dapat meningkatkan minat masyarakat mengembangkan usaha peternakan sapi.

"Kami berharap kontes sapi ini dijadikan agenda tahunan dan tidak hanya digelar ditingkat provinsi tetapi juga kabupaten/kota," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019