Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan sarana sanggar di dalam kawasan "Hutan Kota" guna melestariskan dan mengembangkan budaya setempat.

"Sarana sanggar seni yang disediakan di dalam kawasan "Hutan Kota" diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh kelompok sanggar guna melestarikan budaya dan mengembangkan bakat," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Selasa.

Bupati mengatakan, sarana sanggar seni yang tersedia tersebut merupakan hasil kerja sama pemerintah Kabupaten Bangka dengan salah satu bank pemerintah dalam bentuk "corporate social responsibility" (CSR) serta dalam bentuk sarana lainnya.

"Nantinya diatur jadwal kegiatan masing - masing sanggar di Kabupaten Bangka untuk tampil mengembangkan bakatnya di sarana yang sudah tersedia," kata Bupati.

Dia optimis, pengembangan seni oleh sejumlah sanggar yang melibatkan masyarakat terutama generasi muda, ke depannya dapat mendukung peningkatan pembangunan sektor pariwisata.

"Untuk mendapat daya tarik wisatawan, sektor pariwisata tidak hanya menjual keindahan alam atau pantainya saja, melainkan harus didukung dengan keanekaragaman budaya daerah," kata Bupati.

Bupati mengharapkan dukungan yang sama dari perusahaan baik lembaga perbankan milik pemerintah maupun swasta di daerahnya untuk berpartisipasi membangun daerah.

"Keterlibatan pihak perusahaan baik usaha milik pemerintah maupun swasta dapat percepatan pembangunan daerah sesuai yang diharapkan," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019