Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan berjanji akan mengeluarkan bantuan dana operasional untuk kegiatan Satgas Karhutla agar dapat berjalan dengan maksimal.

"Kami akan mengeluarkan bantuan untuk kegiatan Satgas Karhutla agar kegiatannya dapat berjalan maksimal dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Bangka," katanya di Sungailiat, Selasa seusai mengikuti kegiatan jumpa pers penangkapan pelaku Karhuta.

Hanya saja kata bupati, pihaknya terlebih dahulu akan menghitung besaran bantuan tersebut disesuaikan dengan jumlah personel dan batas waktu kegiatan termasuk biaya kebutuhan lainnya.

"Untuk jumlahnya kami belum memastikan karena perlu dilakukan penghitungan sehingga dana yang salurkan nantinya sesuai dengan harapan," jelasnya.

Menurutnya, bantuan dana operasional kegiatan Satgas Karhutla yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono bersumber dari pos anggaran tanggap darurat.

"Pos anggaran tanggap darurat memang diperuntukkan membantu kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat yang sedang mengalami musibah seperti, kebakaran, kebanjiran maupun kegiatan lainnya," jelasnya.

Bupati memberikan apresiasi atas kerja Satgas Karhutla yang dianggap cukup berhasil baik dalam melaksanakan pencegahan, pemantauan maupun tindakan penegakan hukum atas pelaku pelanggaran Karhutla.

"Saya memberikan dukung penuh atas kerja Satgas Karhutla yang maksimal bahkan termasuk Kapolres dan wakil bupati ikut dalam pemadaman titik api," katanya.

Kebakaran hutan dan lahan, menjadi persoalan serius yang harus ditangani bersama karena tidak hanya sekedar merusak lingkungan namun juga berdampak pada kesehatan masyarakat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019