Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan penerbitan 2.000 lembar Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) kepada para nelayan di daerah itu.

"Ini program dari kementerian terkait dan untuk Bangka Selatan tahun ini kami target 2.000 Kusuka," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Bangka Tengah Suhadi di Koba, Senin.

Ia menjelaskan kartu itu diterbitkan langsung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, sedangkan di daerah hanya melakukan pendataan.

"Kusuka ini sebagai dasar bagi pemerintah daerah dalam menentukan kebijakan untuk mengembangkan sektor perikanan, terutama usaha para nelayan," ujarnya.

Semua data yang disiapkan tersebut berdasarkan hasil faktualisasi yang dilakukan para penyuluh perikanan di daerah itu.

"Itu artinya data yang disampaikan dan mereka yang mendapatkan Kusuka benar layak, ke depan menjadi dasar bagi pemerintah daerah dalam menyalurkan bantuan," ujarnya.

Ia menjelaskan pemerintah daerah memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di daerah itu.

"Potensi yang kami kembangkan tidak hanya produksi ikan, tetapi memberdayakan masyarakat pesisir untuk mengembangkan usaha perikanan," ujarnya. 

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019