Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syaiful Zohri mendorong seluruh ulama di daerahnya untuk menyampaikan pesan persatuan kepada umat Islam.

"Saya mendorong para ulama untuk menyampaikan pesan moril persatuan kepada umat Islam guna menjaga kedaulatan NKRI," katanya di Sungailiat, Selasa menanggapi upaya pencegahan paham radikalisme.

Persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia, kata dia, harus terjaga selamanya guna mewujudkan pembangunan nasional dan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan, sampai saat ini belum didapati kelompok paham radikal di wilayah Kabupaten Bangka, hanya saja pernah ada kelompok yang diduga pernah mengajarkan ajaran yang menyimpang.

"Meskipun sampai sekarang MUI belum menemukan atau mendapat laporan kelompok paham radikal, tetapi tetap harus dicegah sedini mungkin oleh semua lapisan masyarakat termasuk peran ulama dalam menyampaikan pesan persatuan," jelasnya.

Dikatakan, pesan persatuan kepada umat Islam dapat melalui berbagai kegiatan pengajian, musyawarah di lingkungan, mimbar masjid atau kegiatan yang sah lainnya.

Begitu pula ulama dan umaro kata Syaiful Zohri harus tetap menjaga kekompakan sehingga mempunyai kesamaan pandangan untuk kepentingan masyarakat atau umat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019