Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima penghargaan Mitra Bakti Husada dari Kementerian Kesehatan RI atas  atas kepedulian perusahaan di daerah itu terhadap kesehatan pekerjaan perempuan dengan menyediakan sarana dan prasarana.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh melalui siaran pers diterima Antara, Senin, mengatakan, pemberian penghargaan merupakan hasil verifikasi pada program Gerakan Pekerja Perempuan Sehat dan Produktif (GP2SP).

"Penghargaan itu diberikan beberapa waktu lalu di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD) Tangerang Banten yang diikuti oleh 10 provinsi dan 12 kabupaten/kota se- Indonesia," ujarnya.

Ia menjelaskan, penghargaan diberikan atas kepedulian perusahaan terhadap kesehatan pekerjaan perempuan dengan menyediakan sarana prasarana serta kebijakan yang mendukung program GP2SP.

"Khusus di Bangka Tengah, PT Bumi Bangka Lestari yang layak mendapatkan penghargaan Mitra Bakti Husada itu," ujar Ibnu Saleh.

Ia mengatakan, tujuan dari program ini untuk meningkatkan status kesehatan dan gizi pekerja perempuan untuk mencapai produktivitas kerja yang maksimal karena keselamatan pekerja perempuan yang paling utama.

"Mereka harus betul-betul siap jika hamil, menjaga kesehatan anaknya. Selain itu, mereka juga harus tahu cara mendidik dan menjaga anaknya mulai dari kehidupan 1.000 hari anak," ujarnya.

Ia mengatakan, program GP2SP merupakan program yang menghubungkan tiga kementerian yaitu Kemnaker, Kemendagri dan Kemenkes.

"Di sisi lain, kerjasama dengan Kemen PPPA diperlukan guna memenuhi kebutuhan seperti klinik, pojok ASI dan ruang memerah ASI di lingkungan perusahaan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019