Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengintensifkan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN), guna menekan kasus demam berdarah dengue selama musim hujan.

"PSN ini lebih efektif dibandingkan fogging untuk menekan kasus DBD," kata Kepala Dinkes Provinsi Kepulauan Babel, Mulyono di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan wilayah nyamuk, sehingga diperlukan upaya yang tepat dalam memberantas nyamuk untuk menekan kasus DBD, malaria dan penyakit akibat gigitan nyamuk tersebut.

"Perindukan dan sarang nyamuk ini ada, karena kita daerah nyamuk," ujarnya.

Menurut dia dalam memberantas sarang nyamuk maka diperlukan PSN 3M Plus secara rutin, karena lebih efektif daripada fogging.

"Sebenarnya fogging ini tidak efektif, karena hanya nyamuk dewasa saja yang mati, sementara sarang dan jentik-jentik nyamuk tersebut tidak mati," katanya.

Oleh karena itu, masyarakat harus meningkatkan prilaku hidup bersih, tempat penampungan air harus dibersihkan, dikuras dan lainnya agar nyamuk tidak bertelur dan berkembang biak di tempat tersebut.

"Mudah-mudahan dengan program PSN ini angka kasus DBD selama musim hujan berkurang," ujarnya.

Ia menambahkan selama ini masyarakat menilai fogging sudah memberantas nyamuk dan anggapan tersebut salah, karena nyamuk masih bisa berkembang biak di tempat-tempat genangan air.

"Kami mengimbau masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dengan membersihkan lingkungan, tempat bertelur nyamuk dan lainnya, agar terhindar dari penyakit gigitan nyamuk ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019