Wakil Bupati Bangka Syahbudin mengatakan bahwa kelompok minoritas di daerahnya merasa nyaman karena terbangun solidaritas antarumat beragama cukup tinggi.

"Meskipun jumlahnya minoritas, bagi umat beragama lain cukup merasa nyaman dalam melaksanakan ibadahnya," kata Wakil Bupati Bangka Syahbudin di Sungailiat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat, saat menyambut kunjungan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Wakil menyebut sebanyak 84.11 persen dari total jiwa penduduk di Kabupaten Bangka menganut agama Islam, sisanya ada yang memeluk agama Kriten, Konghucu, Buddha, Katolik, dan lainnya.

"Umat beragama di Kabupaten Bangka, khususnya dan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terjalin hubungan cukup harmonis. Kondisi seperti ini tentunya diharapkan terjalin selamanya," ujarnya.

Permasalahan keagamaan saat memang sedang mencuat, terlebih lagi tentang isu radikalisme dan terorisme yang sedang berkembang dan peran FKUB sangat penting dalam menjaga kerukunan dan ketenteraman umat beragama di setiap daerah.

Sementara itu, ketua rombongan FKUB Purbalingga yang dipimpin langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Purbalingga R. Imam Wahyudi memberikan pujian kepada Pemerintah Kabupaten Bangka yang berhasil menjaga kerukunan antarumat beragama.

"Saya memberikan pujian penuh kepada Pemerintah Kabupaten Bangka yang berhasil menjaga kerukunan umat beragama meskipun hal yang sama juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Purbalingga," katanya.

Ia menyebutkan umat Islam di Purbalingga mendominasi hingga 99 persen ,sisanya agama lain, termasuk aliran kepercayaan.

"Jumlah umat beragama nonmuslim di Kabupaten Purbalingga dapat dihitung dengan jari karena mayoritas umat Islam yang mencapai 99 persen dari total jiwa  penduduk," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019