Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui Dinas Pertanian menggelar lomba asah terampil bagi kelompok tani di daerah itu untuk menambah pengetahuan mereka di setor pertanian.

Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat Rabu mengatakan lomba asah terampil ini perlu dilestarikan guna mengetahui kemampuan petani tentang pertanian.

"Jangan sampai petani yang melakukan usaha tetapi tidak mengetahui tentang jenis usahanya," jelasnya.

Dikatakan, asah terampil merupakan program yang sejak era orde baru pernah diselenggarakan oleh pemerintah yang disebut Kelompercapir dan kegiatan asah terampil harus dilakukan berkelanjutan.

"Saya sarankan kepada dinas terkait agar kegiatan asah terampil dapat diselenggarakan setiap tahun," kata Bupati.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman mengatakan kegiatan lomba asah terampil melibatkan delapan kelompok dari utusan masing-masing kecamatan.

"Lomba asah terampil tingkat kabupaten merupakan lomba lanjutan setelah sebelumnya diselenggarakan di tingkat kecamatan," katanya.

Menurutnya, pemenang lomba asah terampil tingkat kabupaten akan diikutikan pada lomba yang sama pada tingkat provinsi.

Lomba asah terampil dimaksudkan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman petani tentang pertanian dan keberhasilan petugas penyuluh dalam memberikan pendampingan petani.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019