Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pelayanan vaksinasi hewan peliharaan masyarakat daerah itu secara gratis.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman di Sungailiat, Minggu, mengatakan pelayanan vaksinasi gratis bagi hewan peliharaan dalam rangka bulan bakti rabies.

"Pencegahan penyakit rabies diperlukan karena wilayah Kabupaten Bangka sampai saat ini tercatat sebagai daerah yang aman rabies," katanya.

Dia mengatakan, kegiatan pemberian vaksinasi gratis bagi kuncing, anjing dan hewan peliharaan lainnya dilakukan setiap tahun, dan tahun ini dipusatkan di tiga tempat yakni di Kecamatan Belinyu, Kecamatan Merawang dan Kecamatan Sungailiat.

"Masing-masing wilayah mendapat kuota vaksinasi sebanyak 100 ekor hewan yang dilakukan mulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB," ujarnya.

Layanan vaksinasi hewan peliharan gratis, kata dia, dilakasanan setiap tahun dan pemberian pelayan yang sama setiap hari di kantor dan di pusat kesahatan hewan.
Petugas Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka saat melakukan vaksinasi cegah rabies (babel.antaranews.com/kasmono)


Sementara menurut salah satu warga penerima layanan vaksinasi hewan peliharaan gratis, Boy Yandra menyambut baik program layanan tersebut sehingga membantu masyarakat yang memiliki hewan peliharaan bebas ancaman penyakit rabies.

"Hewan peliharaan memang harus dirawat dengan maksimal oleh pemiliknya seperti layaknya manusia dengan pemberian asupan makanan dan obat yang cukup," katanya.

Dia berharap program ini dapat dilanjutkan setiap tahunnya mengingat masih banyak pengemar hewan yang terkendala vaksinasi karena biaya yang mahal mencapai lebih Rp100 ribu perekor.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019