Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelatihan seni baca Al Quran dan pemahaman isi kitab suci kepada para hafidz dan hafidzah.

"Pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pembinaan para calon peserta MTQ tingkat provinsi agar mereka bisa meraih prestasi terbaik dan mengharumkan nama daerah," kata Bupati Bangka Barat, Markus di Mentok, Minggu.

Pelatihan dilaksanakan Pemkab melalui Bagian Kesra dan Sosial Kemasyarakatan diikuti sebanyak 60 orang peserta yang terpilih dari hasil seleksi MTQ tingkat kabupaten.

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia khususnya di bidang seni baca dan pemahaman isi kitab suci Al Quran.

Menurut Markus, kegiatan pembinaan dan pelatihan ini menjadi media efektif untuk melahirkan insan pembangunan di Bangka Barat berkarakter nasionalis-religius.

"Kami harapkan pelatihan dan pembinaan ini dapat mendorong kualitas para qori dan qoriah serta mental anak-anak menjadi semakin kuat agar nantinya saat pelaksanaan MTQ Provinsi Babel 2020 di Belitung Timur, Bangka Barat mampu bersaing dengan daerah lain," katanya.

Pelatihan secara rutin juga perlu dilakukan dengan melibatkan para praktisi yang berkompeten di bidangnya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peserta.

"Kami berharap mereka serius mengikuti kegiatan dan bisa menerapkan pengalaman yang diperoleh agar semakin baik dan bermanfaat pada saat lomba maupun dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019