Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meningkatkan koordinasi bersama pihak terkait sebagai langkah awal kesiapan angkutan udara menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Persiapan dan koordinasi ini diharapkan mampu memaksimalkan kinerja dinas perhubungan, khususnya menyangkut kesiapan angkutan udara dalam memfasilitasi masyarakat serta tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Babel yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian Operasional dan Kebandarudaraan, Megawati, di Pangkalpinang.

Ia mengatakan, rakor dilakukan untuk menghimpun data awal guna mengetahui kesiapan sektor perhubungan udara, termasuk menyiapkan berbagai alternatif untuk menanggulangi naiknya volume penumpang.

"Dalam rakor, dipaparkan juga jumlah penerbangan, prediksi lonjakan penumpang dan maskapai yang akan siap mengangkut penumpang," ujarnya.

Pada periode Nataru 2018/2019 total penumpang sejumlah 118.491 pax. Sementara prediksi untuk Nataru 2019/2020 ini mencapai 119.492 pax. Diperkirakan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar empat persen.

Dishub mengingatkan maskapai penerbangan untuk mempertimbangkan penjualan tiket sebesar 30 persen dari tarif batas atas dengan harga terjangkau kalangan medium ke bawah. Hal ini sebagai upaya dalam memberikan keringanan bagi masyarakat yang akan merayakan hari raya keagamaan di Babel.

"Selain itu, pertimbangan harga tiket terjangkau tentu saja berdampak bagi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang akan merayakan pergantian tahun di Babel. Paling utama adalah pelayanan yang diberikan maskapai kepada penumpang," ujarnya.

Saat ini maskapai yang beroperasi di Bandara Depati Amir sebanyak enam airlines dengan 29 kali penerbangan. Pada periode Nataru 2019/2020 akan ada tambahan satu kali penerbangan dari maskapai nasional.

"Pihak terkait juga diharapkan dapat mempersiapkan pembentukan Posko Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di bandar udara," ujarnya.

Rakor diikuti Angkasa Pura II Bandara Depati Amir, airline 2, Ground handling, BMKG, Basarnas, TNI AU, Polsek, polres, AirNav dan Dishub Provinsi Babel.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019