Pangkalpinang (Antara Babel) - Stok telur di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), cukup untuk memenuhi permintaan konsumen karena pasokan yang datang dari luar daerah lancar.

"Saat ini, pasokan telur ayam ras, kampung dan puyuh yang datang dari luar daerah lancar dan harga masih bertahan stabil," kata salah seorang pedagang, Acep, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan stok telur dari peternak di Palembang (Sumatera Selatan) lancar dan permintaan konsumen normal.

Saat ini, harga telur ayam ras masih bertahan Rp1.200 per butir, harga telur ayam kampung Rp2.500 per butir, harga telur puyuh Rp400 per butir dan harga telur bebek Rp3.500 per butir.

Ia mengatakan pasokan akan terus bertambah karena didatangkan secara terus-menerus.

"Untuk memenuhi permintaan konsumen pedagang mengandalkan pasokan dari luar daerah karena minimnya hasil peternak lokal," ujarnya.

Menurut dia, penghasilan peternak lokal masih sedikit karena kurangnya minat warga untuk mengembangkan usaha itu sebab mereka memilih mencari pekerjaan lain untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Penduduk di daerah ini lebih memilih bekerja sebagai penambang bijih timah untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari," ujarnya.

Demikian juga dengan Pendi, seorang lagi pedagang telur yang mengakui stok telur cukup karena sehingga warga tidak perlu khawtir terhadap kenaikan harga.

Ia mengatakan pedagang cukup banyak mendatangkan pasokan untuk agar harga tetap stabil.

"Jika stok kurang dan permintaan meningkat maka harga akan naik demikian juga sebaliknya, namun kami akan berusaha mendatangkan pasokan yang cukup agar harga tetap stabil," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Mulki

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014