Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun dua pelabuhan pada 2020, untuk meningkatkan akses transportasi laut dan peningkatan perekonomian masyarakat.

"Pembangunan fisik pelabuhan tinggal menunggu pengesahan dokumen Perda Zonasi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Timur, Adlan Taufik di Manggar, Jumat.

Ia menjelaskan, Kementerian Perhubungan RI sudah menyiapkan anggaran dari APBN 2020 sebesar Rp80 miliar untuk pembangunan fisik pelabuhan Dendang. Sedangkan untuk Pelabuhan Manggar – Ketapang disiapkan anggaran Rp100 miliar.

"Proses pembebasan lahan, pembuatan Detail Engenering Design (DED), Studi Kelayakan (FS), serta Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) sudah diselesaikan," ujarnya.

Pemerintah daerah setempat juga Insyallah semua sudah menghibahkan lahan untuk pembangunan pelabuhan ke Kementerian Perhubungan.

"Anggaran lebih besar dialokasi untuk Pelabuhan Manggar karena akan dibangun juga water breaker atau pemecah gelombang. Untuk dua pelabuhan ini proyeknya multiyears, artinya pengerjaan fisiknya setidaknya selesai tiga tahun, dari tahun 2020 hingga 2023," jelas Taufik.

Ia mengatakan, dengan adanya Pelabuhan Dendang dan Pelabuhan Manggar proses pendistribusian bahan pokok serta barang lainnya akan jadi lebih mudah dan cepat.

"Apalagi perbandingan jarak Pelabuhan Dendang dengan Pelabuhan Tanjung Periuk Jakarta selisih 13 mil laut lebih dekat jika dibandingkan dengan Pelabuhan Tanjung Ru-Tanjung Periuk," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019